Lokakarya Penyusunan Usulan Program Prioritas di Area Model 3

Kegiatan lokakarya penyusunan usulan program prioritas area model 3 (tiga) dilaksanakan pada Sabtu tanggal 22 Juni 2019 dan dilaksanakan di Hotel Santika, Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh ZSL, Pemerintah Kabupaten Banyuasin (Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Disbunak, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan), PT. Raja Palma, PT. KCI, Pinus, Perangkat Kecamatan, Perangkat Desa dan perwakilan masyarakat desa Sungsang 1, Sungsang 2, Sungsang 3, Sungsang 4, Marga Sungsang, Sumber Rejeki dan Tabala Jaya.

Lokakarya ini diawali dengan pemberian sambutan oleh Bapak David Ardhian selaku Deputy Director Program Kelola Sendang dan dilanjutkan oleh Arief selaku moderator. Arief menyampaikan bahwa Kegiatan ini diadakan agar Desa dapat ikut menentukan program prioritas dan bentuk pengelolaan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat di masing- masing desa area model. Hasil diskusi hari ini akan dibahas lebih lanjut dalam forumyang lebih besar pada tanggal 26 Juni 2019 mendatang untuk mensinergikannya dengan berbagai pihak.

Dalam kegiatan ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk saling berdiskusi dan mempresentasikan masalah dan potensi dari Desa yang masuk dalam area model 3.

  1. Desa Sumber Rezeki dan Tabala Jaya
    Masalah: Infrastruktur, konflik dengan Taman Nasional, Sanitasi, Ekonomi, Lingkungan dan Kesehatan.
    Potensi: Gotong royong masih ada, Pertambakan.
  1. Kecamatan Banyuasin II
    Masalah: Infrastruktur, Ekonomi, Lingkungan Hidup.
    Potensi: Infrastruktur PDAM tersedia, Puskesmas sudah ada, Koperasi konsumsi.

Hasil diskusi ini diharapkan oleh peserta lokakarya dapat diimplementasikan dan bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik.