Rapat Kerja Forum Dangku: Rencana Pelaksanaan Program Prioritas Area Model I

Pada tanggal 26 Juli 2019 dilaksanakan rapat kerja Forum Dangku dengan agenda pembahasan tentang pelaksanaan program prioritas area model 1, kegiatan ini dilaksanakan di hotel Santika Palembang. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya terkait dengan akan dilaksanakan kegiataran di area model 1, kegiatan ini dihadiri oleh semua anggota Forum Dangku yang terdiri dari perwakilan pemerintah, perwakilan swasta dan masyarakat.

Dalam rapat ini diharapkan ada kesepakatan-kesepakatan diantaranya yaitu 1) Kesepakatan tentang fungsi dan perang Forum Dangku Meranti dalam pengembangan kemitraan di Area Model 1 (AM 1); 2) Merumuskan rencana aksi kolaboratif di AM 1 berdasarkan program piroritas yang disepakati; 3) Menyusun rencana kerja Forum Dangku Meranti; 4) Menyusun kepengurusan Forum Dangku Meranti.

Forum Dangku digagas sebagai fasilitator/akselerator kemitraan parapihak (masyarakat, swasta dan pemerintah) yang diharapkan mampu memfasilitasi penyelesaian persoalan-persoalan terkait lanskap, atau setidaknya membangun roadmap penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Hasil kajian (pengetahuan) yang sudah dihasilkan Kelola Sendang hingga saat ini diharapkan dapat menjadi bagian pembahasan bersama dan dipromosikan oleh Forum Dangku untuk kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten (misalnya dalam upaya mitigasi konflik manusia dan satwa), atau digunakan perusahaan sebagai referensi dalam konteks pengelolaan isu yang sama (pembangunan kehutanan).

Selain itu, kegiatan-kegiatan Perhutanan sosial  di kawasan Dangku Meranti yang sudah berjalan dengan baik diharapkan dapat berkembang menjadi skema pengembangan bisnis (pembibitan, misalnya) untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.