Pengembangan Demplot Budidaya Perikanan Rawa Gambut

Untuk menindaklanjuti rencana pengembangan demplot budidaya perikanan rawa gambut, pada tanggal 6 November 2019 dilaksanakan pertemuan antara Yayasan Penabulu yang diwakili oleh Fasilitator Area Model 2 dengan perwakilan PT. GAL bertempat di Kecamatan Bayung Lencir. Agenda pertemuan adalah menyepakti kotribusi masing-masing pihak terhadap kelompok perikanan di dusun Bakung desa Muara Merang. Dari hasil pertemuan disepakati bahwa PT. GAL akan berkontribusi dalam pengadaan sarana prasarana, pengadaan bibit ikan di empat kolam yang sudah tersedia, adapun luasan kolam adalah 7 x 14 M2, sementara Yayasan Penabulu akan bertanggung jawab pada proses pendampingan dan penguatan manajemen usaha kelompok. Bantuan sarana dan prasarana serta bibit akan langsung berbentuk material dan akan dilakukan setara bertahap sesuai dengan kebutuhan teknis dilapangan.

Kegiatan selanjutnya yaitu survei kondisi terkini pembuatan kolam yang dilakukan swadaya oleh anggota kelompok, kegiatan survei dilakukan pada tanggal 8 November 2019. Dari survei diketahui  bahwa persiapan kolam yang dilakukan kelompok telah mencapai sekitar 60-70 %. Penggalian badan kolam telah dilakukan pada 4 kolam yang ada dengan kedalaman masing-masing mencapai 1 meter. Proses selanjutnya yang akan dilakukan yaitu penggalian parit sedalam 50 cm dibagian pinggir mengelilingi luasan badan kolam agar ada beda tinggi pada bagian tengah yang direncanakan sebagai bagian kolam yang lebih dangkal, kemudian pemasangan pipa antar kolam untuk instalasi pemenuhan air dan sistem drainase serta proses pengapuran.

Kegiatan pengapuran di 4 unit kolam percontohan akan dilakukan pada tanggal 1-3 Desember 2019, kegiatan pengapuran ini sebagai awalan agar kondisi keasaman kolam bisa dinetralkan agar kegiatan penaburan benih bisa segera dilakukan.