Rapat Koordinasi Program Prioritas Pemetaan Wilayah Desa dan Perbaikan Aspek Kependudukan Masyarakat Desa Hutan

Setelah ditetapkan program prioritas  yang akan di laksanakan ditingkat tapak maka pada tanggal 5 September 2019 bertempat di Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi program pemetaan wilayah desa dan perbaikan aspek kependudukan masyarakat desa dan hutan. Rapat koordinasi ini dilakukan dengan tujuan: 1) Membangun kesepahaman para pihak tentang pemetaan wilayah desa, 2) Membangun kesepahaman tentang data pendudukan masyarakat desa hutan.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari ZSL Kelola Sendang, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin, perwakilan desa-desa di wilayah area model 1 yaitu desa Kepayang, Muara Medak, Sako Suban dan Pangkalan Bulian, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Banyuasin, KPH Meranti, perwakilan kecamatan Tungkal, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin dan Yayasan Penabulu.

Hasil rapat koordinasi telah  disepakati rencana tindak lanjut sebagai berikut :  

  1. Terkait dengan Pemetaan Wilayah Desa :
  • Mengusulkan adanya Desa Model, untuk dilakukan pemetaan batas desa hingga tuntas.
  • Resolusi Konflik, menyelesaikan konflik yang ada di Desa Model ini sampai pada tingkat kecamatan.
  1. Terkait dengan kependudukan :
  • Inventrasisasi kebutuhan warga di tiap desa agar menyelesaikan dokumen administrasi kependudukan.
  • Inventarisasi permasalahan yang ada di masyarakat untuk dicarikan solusi dan diselesaikan.
  1. Tata Kelola Pemanfaatan Kawasan Hutan :

Inventarisasi usulan memuat informasi detail kebutuhan umum masyarakat, seperti : Jalan, Fasilitas umum, Fasilitas Sosial, Kelistrikan, dan akses kelola legal masyarakat untuk bisa nantinya direalisasikan merujuk pada aturan yang sudah ada.